(Matrikulasi Kampus Umar Usman #5) DAY - 1

Pengenalan Kampus Umar Usman




S

eptember adalah awal masuk kuliah di Kampus Umar Usman. Sebelum aktif dalam perkuliahan, mahasiswa diharuskan mengikuti kegiatan Matrikulasi. Matrikulasi berlangsung selama sebulan, 12 kali pertemuan. Di Kampus Umar Usman kami tidak diharuskan memakai atribut yang merepotkan, kami diajak untuk disiplin bersama dengan memakai dress code yang sudah ditentukan dan atribut nametag
 
Ada beberapa aturan yang harus dipatuhi selama matrikulasi seperti: datang tepat waktu, melaksanakan shalat dhuha, dan tilawah bersama. Oh, untuk aturan shalat dhuha dan tilawah tidak hanya berlaku selama matrikulasi namun akan menjadi kewajiban kami selama menjadi boss disana. Boss adalah panggilan untuk setiap mahasiswa Umar Usman. Keren kan panggilan itu? Kami seperti didoakan kelak akan menjadi boss beneran. Amin. 



Di hari pertama masuk,saya datang dengan perasaan gugup. Selain karena saya excited untuk mendapatkan banyak ilmu baru, saya juga termasuk orang yang sulit bersosialisasi dengan lingkungan baru. Saya yakinkan diri saya bahwa lingkungan di Umar Usman itu baik, dan saya tidak akan mengalami hal yang sama seperti saat saya berkuliah di Universitas Negeri di Bandung. Perlahan saya mulai membuka diri, berkenalan dengan satu per satu boss akhwat maupun ikhwan.Dan saya mulai merasa menjadi bagian dari keluarga besar Kampus Umar Usman.
Jam 9.30 kami dikumpulkan di depan gedung untuk baris-berbaris, ada morning briefing yang dipimping oleh para fasilitator. Kegiatan morning briefing terasa sangat seru dan membakar semangat kami di pagi hari. Lalu kami diiring ke lantai 4, untuk mengikuti rangkaian acara pada hari itu.Khusus pada hari pertama, sesi pertama adalah pengenalan kampus.  Pengenalan Kampus dibuat semeriah mungkin oleh para tim management. Selain ada  pemutaran video kampus, ada pula slide yang menampilkan profil masing-masing tim management dan fasilitator. Saat nama satu per satu tim dipanggil, mereka maju kedepan diiringi backsound yang menghentak dan riuh tepuk tangan para boss. Backsound  lagu Big Bang-Bang Bang Bang mengalihkan fokus saya kala itu. Haha

Spirit Of Umar Usman By Ippho Santosa

Saya termasuk orang yang senang membaca buku-buku Mas Ippho, dan hari itu untuk pertama kalinya saya megikuti seminar singkat Beliau. Mas Ippho menjelaskan tentang filosofi kampus Umar Usman serta sejarah singkat perdagangan Islam. 

Beliau berpesan kepada kami calon pengusaha muslim, sangat penting untuk meneladani sikap Umar yang tegas dan sederhana, serta Usman yang santun dan gigih dalam berdagang. Mas Ippho juga menambahkan soal Tauhid Entrepreneurship, yakni:

  •   Itqan (teliti, hati-hati, sepenuh hati, bermutu tinggi)
  •   Ikhram (memuliakan orang lain)
  •   Ittihad (bersama-sama & berjamaah)







"Hidup tidak boleh sederhana, mesti dahsyat, luar biasa! Sikap yang harus sederhana (tawadu)"-Ippho Santosa

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Kampus Umar Usman

(Matrikulasi Kampus Umar Usman #5) DAY- 5