(Matrikulasi Kampus Umar Usman #5) - DAY 4

Success Story of Beverage Business by Danu Sofwan (Radja Cendol)
Saat mendengar nama 'Cendol' apa yang kalian pikirkan? Minuman nyegerin? Minuman taste lokal? Minuman murah yang biasa dijajakan abang-abang gerobak? Seorang Danu Shofwan melihat peluang besar dari minuman hijau tersebut, dan telah berhasil membuat cendol naik kelas. Ia memodifikasi cendol yang biasa disajikan dengan santan, diganti oleh susu dan varian topping lainnya. Lewat usaha Randol(Radja Cendol)nya, Ia bisa meraih omset Miliaran rupiah dan kini sudah memiliki 780 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pada matrikulasi pekan kedua, Mr Danu menjadi pembicara pertama. Ia tidak seperti pembicara-pembicara lain yang kaku. Mr Danu pembawaannya santai, easy going dan asik. Sepanjang ia bercerita soal Randol, dan memberikan materi, tak terlihat satu orang pun yang mengantuk. "Anak Muda Banget!!" itu yang terlintas dipikiran saya saat mengikuti sesinya.Walaupun materi Digital Disruption yang disampaikan cukup serius, tapi istilah yang Mr Danu pakai di tiap slidenya selalu mengundang tawa.

 




"Never underestimate the small things. Saya membuktikan dengan cendol saya bisa seperti ini!"-Danu Sofwan














Etika Bisnis Rasullullah by Ust Hepi Andi Bastoni
Setelah sesi gokil Mr Danu, kami diajak untuk menyelami sejarah berbisnis yang dilakukan oleh Rasullullah SAW. Sesi tersebut diisi oleh Ust Hepi, beliau adalah seorang penceramah dan juga penulis buku. Ust Hepi mengawali sesinya dengan bercerita soal nabi Muhammad yang memberi mahar kepada Khadijah yakni 20 ekor unta merah (unta yang sangat bagus). Yang pada zaman itu, mahar tersebut sudah tergolong mewah. Nabi Muhammad as mendapatkan unta-unta tersebut dari hasil ia berdagang. Maka, kata Ust Hepi, malulah kita para ummat pada zaman sekarang yang menikah hanya dengan mahar seperangkat alat shalat dan emas beberapa gram.

Berikut penjelasan etika bisnis Rasullullah SAW yang dapat kita jadikan contoh:
1. Memiliki pengetahuan tentang jual beli
2. Jujur & Amanah
3. Menghindari sumpah palsu
4. Mempermudah dalam transaksi
5. Berbisnis Halal
7. Rapi dalam administrasi
8. Silahturahim
9. banyak istighfar & berdoa
10. Zakat & sedekah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Kampus Umar Usman

(Matrikulasi Kampus Umar Usman #5) DAY - 1

(Matrikulasi Kampus Umar Usman #5) DAY- 5