Belajar Bisnis Online dan Blog Bersama Isah Kambali di Kampus Bisnis Umar Usman

Assalamu'alaikum. Udah lama ga ngisi blog ini. Kok kangen ya? Hehehe Blog ini khusus  saya buat waktu matrikulasi Kampus Bisnis Umar Usman. Isinya udah tau sendiri, curhat tentang kampus selama matrikulasi bulan September lalu. Dan sekarang diisi lagi deh, sebagai postingan penutup akhir tahun. Kali ini, saya mau posting sesuatu yang inshaAllah berfaedah banget. Gimana ga berfaedah? Ini postingan tentang seorang pakar Internet Marketing atau SEO yang luar biasa, bernama Isah Kambali. Kami memanggilnya Miss Isah. Beliau unik banget orangnya, saking uniknya sampai memberikan kita ujian yang dinamain "Ujian Online". Membuat artikel tentang beliau sebanyak 500 kata ini, termasuk apa yang diujikan beliau lho. Jadi postingan saya ini ujian dari dosen lah istilahnya. Ada deadlinenya yakni 24 jam setelah soal dipublish di grup WA. Pukul 11:00 WIB nanti adalah deadlinenya, nah lho saya dikejar-kejar deadline dong berarti nulis ini. Tapi, ya dinikmati aja dan kalau gak selesai sesuai deadline tinggal dikurangin aja nilainya minus 10 per hari. Hahaha seru kan? Itu dosen Umar Usman, BEDA dari dosen kampus lain.

Back to the topic, eh topiknya apa ya? Hmm..sesuaiin sama judul artikel aja deh. Karena ini ujian, harus ada serius-seriusnya dikit dong. Jadi, saya mau bahas sedikit tentang materi apa aja yang diajarkan sama Miss Isah  beberapa pekan lalu.

1. Riset Peluang dan Kompetitormu.
Ini hal paling mendasar yang harus kita lakukan kalau kita mau mulai bisnis online. Lakukan Riset. Apa yang ada dipikiran kita saat mendengar kata riset? Pasti banyak yang mikirnya riset tuh harus terjun ke lapangan, ribet, dll. Well, itu mungkin cocok untuk bisnis offline. Tapi untuk bisnis Online, riset yang perlu dilakuin hanya dari Google Chrome. Mudah kan? Miss Isah mengajarkan fungsi "new incognito window" yang ada di Chrome. New Incognito Window atau mode penyamaran, dipakai saat kita melakukan riset di google suggestion. Untuk Riset peluang kita tinggal memasukan keywords produk kita tamahkan dengan kata jual, dan lihat ada berapa pencarian di halaman google. Untuk Riset kompetitor, masukan "allintitle" sebelum keywords produk kita, dan lihat siapa kompetitormu yang ada di halaman 1 google.

2. Tools:  SEOquake, SEOStack, Tags for Youtube.
Untuk menunjang peran kita dalam menjalankan bisnis Online, perlu banget kan tools. Nah, Miss Isah menyuruh kami memasang 3 tools bawaan Google Chrome yakni: SEOquake, SEOStack, dan Tags for Youtube. Selain itu, beliau juga merekomendasikan beberapa web untuk desain foto dll, seperti Canva.com dan Pexels.

3. Konten Softselling & Hardselling Blogspot
Apa yang gampang naik di halaman 1 google? Market place? No. Jawabannya adalah Blogspot. Yup, ternyata blogspot gampang banget nongol di halaman 1 google. Percaya gak? Saya sudah membuktikannya. Coba tulis keywords "supplier brownies di jakarta" di google.co.id,  http://supplierbrownieskukuspanggang.blogspot.co.id/ inshaAllah masih ada di halaman 1 google (walaupun belum di halaman paling atas sih Miss..hehe) Ini cuma pas sehari bikin blogspot sama Miss Isah lho, keren banget kan? Pas materi blogspot Miss Isah juga menjelaskan soal dua konten yakni softselling dan hardselling. Artikel softselling contohnya: Ini Dia 5 Coklat Termahal di Dunia, Tips makan Coklat Gak Bikin Gemuk. Artikel yang gak langsung menjual produk kita, ada informasi yang bisa dinikmati pembaca blog kita, itulah konten softselling. Kalau hardselling, Miss Isah memberikan format penulisannya dan memberi kami tugas menulis konten hardselling disertai 10 nama kota. Pokoknya siap-siap aja tanganmu lentik kalau diajarin Miss Isah..hahaha

4. Konten Softselling & Hardselling Youtube
Hampir sama kayak blogspot, ada yang namanya konten softselling & hardselling. Video softselling lebih seperti video-video Opini.id, yang nanti diujungnya kita promosi sedikit soal produk kita. Kalau video hardselling, video yang dari awal durasi kita sudah menjual produk kita. Di materi ini miss Isah memberikan 1 tools video editor yang berguna banget, namanya Camtasia dan juga audio free yang bebas lisensi untuk video yang dimasukan ke youtube.

5. Social Media: Fanpage, Instagram, G+
Kalau menurut saya, miss Isah orang yang peduli banget sama konten. Ada kan pakar SEO yang intinya nyampah aja, bikin akun sebanyak-banyaknya, terus isinya sampah iklan semua. Tapi Miss Isah gak kayak gitu. Beliau main cantik. Asiik. Beliau menjelaskan soal fanpage yang softselling, dan tugasnya pun kami hanya disuruh bikin 3 akun saja. Beda sekali dengan pengajar sebelumnya yang menyuruh kami membuat 100 akun fanpage dalam waktu seminggu. Namun, kalau miss Isah jangan lupa harus ada postingan artikel di tiap fanpagenya min 5 postingan. Di materi Instagram, beliau kembali merekomendasikan Canva.com untuk platform foto produk yang akan diupload di IG. Dan ada satu applikasi bernama Gramblr yang sangat berguna untuk jualan di ig. Untuk G+, miss Isah menyarankan kami selalu menyisipkan link video produk di youtube ke G+. Semua dilakukan semata-mata untuk membuat apapun jenis channel/media yang kami gunakan, kami bisa masuk ke halaman 1 google.

Wih..udah lebih dari 500 kata nih Miss. Intinya, belajar jualan online sama Miss Isah Kambali di Kampus Bisnis Umar Usman sangat sangat berkesan dan luar biasa banget. InshaAllah berkah ilmunya Miss. Semoga dapat banyak closing an juga ya. Aamiin. Dan sehat selalu untuk Miss Isah & keluarga, serta teamnya. Love u unconditionally lah Miss pokoknya....hahaha

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Kampus Umar Usman

(Matrikulasi Kampus Umar Usman #5) DAY - 1

(Matrikulasi Kampus Umar Usman #5) DAY- 5